Menag Resmikan Gedung Perkuliahan IAIN Surakarta


Solo, Portalindo.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, hari ini Kamis (29/03) meresmikan gedung perkuliahan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Gedung yang dibangun dengan sumber dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2017, dengan luas bangunan mencapai 5.200 meter diresmikan Menag ditandai dengan penandatanganan prasasti.
Selain peresmian dua gedung baru yang berada di kawasan Pakis Kabupaten Klaten dan direncanakan bagi program studi pasca sarjana dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) , Menag juga akan meluncurkan program doktoral pasca sarjana IAIN Surakarta dan memberikan orasi tentang peran Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dalam menangkal hoax.
Menag menyampaikan, gedung perkuliahan ini merupakan sebagai bentuk daya dukung IAIN Surakarta yang dari waktu ke waktu semakin meningkat dan dalam kerangka mengakomodasi kebutuhan masyarakat kita.
“Tahun ini diharapkan kita dapat mewujudkan dua gedung baru lagi bagi sarana akademis IAIN Surakarta,” kata Menag.
Menag selanjutnya berkesempatan meninjau sarana prasarana yang dimiliki gedung megah dengan warna putih dan abu-abu masing-masing terdiri dari 3 lantai tersebut.  
Sejumlah fasilitas bagi aktivitas akademis seperti ruang kelas, ruang dosen, ruang administrasi sudah dilengkapi meja dan kursi dan pendingin udara di setiap ruangan, serta fasilitas multimedia.
Dikutip dari laman http://www.iain-surakarta.ac.id, IAIN Surakarta yang disahkan melalui Peraturan Presiden No. 1 Tahun 2011 merupakan hasil alih status dari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Selanjutnya, STAIN Surakarta yang berdiri sejak 30 Juni 1997 (25 Safar 1418 H) awalnya berasal dari IAIN Walisongo di Surakarta yang berdiri pada 12 September 1992.
Hingga saat ini, IAIN Surakarta memiliki 4 fakultas; Ushuluddin dan Dakwah, Syariah, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Ekonomi dan Bisnis Islam, serta Pasca Sarjana
Tampak hadir, Bupati Klaten Sri Mulyani, sejumlah rektor dan ketua sekolah tinggi PTKIN, Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Farhani, Kakanwil Kemenag DI Yogyakarta M. Lutfi Ahmad, sejumlah anggota Forkompimda Kabupaten Klaten, anggota senat serta civitas akademika IAIN Surakarta. 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed