Plh. Kapus Fasker Kemendagri Hadiri Genius Science Expo 2022

PORTALINDO.CO.ID, Jakarta – Pelaksana Harian (Plh.) Kepala Pusat (Kapus) Fasilitas Kerjasama (Fasker) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bachril Bakri bersama pejabat Ditjen Keuda dan Pusat Fasker telah menghadiri undangan Direktur Sekolah Genius dalam acara GenIUS Science Expo 2022.

Genius Expo dilaksanakan, Kamis (16/6/2022) bertempat di Sekolah Genius, Lippo Karawaci Tangerang, dibuka oleh Ketua Yayasan Sekolah Genius Prof. Yohanes Surya, serta dihadiri Pemda Papua dan Maluku, Orang Tua Siswa Sekolah Genius serta siswa Sekolah Genius.

Tujuan dari Genius Expo ini adalah mengekplorasi hasil riset yang telah dilakukan oleh siswa Sekolah Genius dengan tema “Dari Timur, Berkarya membangun Bangsa”.

Agenda acara yaitu: Plenary Sesi I dengan tema Perbandingan Efektivitas Adsorpsi air oleh Silika dari sekam padi dan tongkol jagung yang dipresentasikan oleh siswa yang berasal dari Kota Ambon dan Kabupaten Teluk Wondama, dengan Topik Value dari sekam padi dan tongkol jagung yang saat ini belum digunakan optimal.

Plenary Sesi II dengan tema Pendidikan di Indonesia Timur yang disampaikan siswa dari Kabupaten Pegunungan Bintang dan siswa dari Kota Ambon yang menceritakan sejarah pendidikan di Indonesia Timur terkhusus di Papua.

Diskusi Panel oleh para siswa yang telah melakukan penelitian yang membahas beberapa tema, yaitu pemanfaatan kitosan dari sisik ikan, analisis morfologi dan anatomi serat kilit pohon melinjo, serta beberapa tema lain.

“Kami pada acara tersebut diberi kesempatan untuk memberikan arahan, dan beberapa point yang disampaikan: permohonan maaf Bapak Menteri atas tidak dapat hadir secara langsung pada acara ini, karena ada kegiatan di Kantor Rakor PJ Kepala Daerah yang tidak dapat ditinggalkan,” ujar Plh. Kapus Fasker Kemendagri Bachril Bakri.

Apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, lanjut Bachril, untuk mendorong para Siswa untuk belajar dan berkarya melalui riset yang dapat bermanfaat bagi siswa dikemudian hari.

“Kami sangat mengapresiasi atas pencapaian hasil Riset para Siswa sekolah Genius. Semoga dapat menjadi pelajaran yang sangat berguna dan bermanfaat bagi adik-adik siswa semua yang berasal dari wilayah Timur Indonesia,” tambah Bachril.

Mengakhiri acara, Direktur dan Ketua Yayasan Genius, beserta para Siswa menyampaikan ucapan terima kasih banyak atas perhatian Bapak Menteri kepada Sekolah GENIUS, semoga dukungan dan kerjasamanya dapat terus dilanjutkan.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.