Penderita Anemia Jika Ingin Berolaraga,Ini Aturanya

PORTALINDO.CO.ID
Makassar– Orang dengan kadar hemoglobin (hb) dalam darah rendah alias anemia boleh berolahraga. Hanya saja ada beberapa aturan yang harus dipenuhi.

“Olahraga menambah mobilitas pembuluh darah, sehingga oksigen lebih cepat juga,” Kata Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia Prof. Dr. Endang L. Achadi.

Berbeda dengan orang dengan kadar hemoglobin (hb) dalam darah normal, bagi penderita anemia berolahraga membuatnya cepat lelah. Jadi, pastikan ketika sudah merasa lelah harus berhenti olahraga seperti disampaikan Endang.

Bagi mereka yang menderita anemia, olahraga yang tepat adalah aktivitas fisik ringan yang tidak banyak menggunakan otot.

“Karena otot kalau bergerak tidak ada oksigennya, ya dia hilanglah. Tapi, ya nomor satu harus diperbaiki anemia-nya, ” kata Endang.

Bagi penderita anemia, walau boleh berolahraga, pasien harus memperbaiki kondisinya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, terutama hewani.

“Daging merah, kambing, sapi, kerbau seperti itu, ” kata Endang.

Menurut data riset Kesehatan Dasar 2013, anemia merupakan salah satu penyakit paling umum di Indonesia. Ada 1 dari 5 orang Indonesia berisiko terkena anemia.

Namun, masih banyak yang belum mengerti akan gejala, dampak dan penanggulangan anemia.(Umar)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.