Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Sukses, Bupati Anwar ‘Banjir Pujian’

Pelaksanaa acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) ke XXVII tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018 yang berlangsung di Alun-Alun Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Morowali Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah berlangsung meriah dan sukses, Sabtu malam, 28 April 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri sekaligus dibuka oleh Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulteng beserta jajarannya,Ketua DPRD Provinsi Sulteng, Kakanwil Kemenag Sulteng, Ketua DPRD Kabupaten dan Kota, Kepala Daerah, Sekda, Forkopimpda, Kepala Kemenag Kabupaten dan Kota, Ketua MUI kabupaten dan Kota, Forkopimda ,Kepala OPD, Camat , Lurah dan Kades se-Morowali serta ribuan masyarakat tampak memadati tempat acara.

Ketua Panitia Pelaksana MTQ, Bupati Morowali H. Anwar Hafid dalam laporannya mengatakan, anggaran pelaksanaan MTQ ini dibebankan di APBD Morowali dan bantuan Dana Hibah dari pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2018. “Ada tujuh cabang yang dilombakan, mulai dari cabang Tilawah, Tahfizhh,Tafsir, Fahmil Qur’an (MFQ), Syahril Qur’an (MSQ), Khat Al Qur’an ( MKQ ) dan Cabang Musabaqah Makalah Al Qur’an (M2Q) dengan melibatkan 200 orang lebih dari Majelis Hakim, dan Panitera serta dewan juri dan semua kabupaten/kota se Sulawesi Tengah,” kata Anwar Hafid.

Ia menuturkan jumlah total kafilah MTQ yang hadir di Kabupaten Morowali sebanyak 1.006 orang dari 13 kabupaten dan satu kota se-Sulawesi Tengah. “Dengan rincian Kota Palu 75 orang, Kabupaten Parigi Moutong 84 orang, Poso 79 orang, Donggala 80 orang, Sigi 100 orang, Tojo Unauna 77 orang, Banggai 78 orang, Bangkep 76 orang, Balut 74 orang, Morowali Utara 84 orang, Buol 120 orang, Toli toli 83 orang dan Kabupaten Morowali 70 orang,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Daerah Provinsi (Sekdaprov) H. Moh. Hidayat Lamakarate saat membacakan sambuta Gubernur Sulteng menyampaikan, MTQ ke XXII tingkat Privinsi Sulteng tahun 2018 mengusung tema kita bangun semangat sayang, cinta al qur’an dan islam guna mewujudkan kehidupan demokrasi yang aman dan damai dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia dilandasi iman dan taqwa menuju kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing dan berbudaya.

“Al-qur’anul karim diturunkan sebagai petunjuk dan tuntunan kehidupan bagi ummat islam untuk memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat. Al Qur’an juga memberi tuntunan kepada umat manusia di bumi untuk membangun kehidupan yang harmonis, menjaga toleransi dan kehidupan yang damai,” ucap Sekdaprov Hidayat Lamakarate.

Sekaitan dengan penyelenggaraan Pilkada, Hidayat Lamakarate, berharap kepada seluruh masyarakat dan kepada para kontestan calon kepala daerah yang akan berlaga di bulan juni agar turut menjaga kondisi yang kondusif di daerah ini. “Pilkada adalah sebuah ajang aduh gagasan, konsep dan strategi, para kandidat tawarkan kerja nyata yang dibutuhkan masyarakat dalam rangka percepatan peningkatan pembangunan.

Diakhir sambutannya, Sekdaprov menyampaikan, ucapan terima kasih dan apresiasi sekaligus pujian kepada masyarakat dan Pemda Morowali serta segenap pihak terkait yang telah berusaha memeriahkan dan mensukseskan penyelenggaraan MTQ ke XXVII di Morowali yang levelnya berskala Nasional. “Saya salut dan bangga dengan pelaksanaan MTQ kali ini,  levelnya sudah tingkat nasional, semoga kedepan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kemeriahan dan kesuksesan pembukaan MTQ ini juga dipuji Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor dan segenap hadiri tamu undangan lainnya. “Tidak bisa di pungkiri, kemajuan Morowali bisa seperti ini berkat Bupati Anwar Hafid,” jelas beberapa tamu undangan lainnya. (Wardi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed