HUT Wita Mori, Momentum Perkenalkan Budaya dan Sejarah

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Wita Mori ke 162 tahun 2018, Relawan Monga’e mengelar upacara bendera menggunakan bahasa di Benteng Ensa Ondau Desa Korompeli, Kecamatan Lembo, Sabtu sampai Senin, 21-23 April 2018.

Bersama Relawan Monga’e, Komunitas Pencinta Alam (KPA) Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat di Kabupaten Morowali Utara serta simpatisan  dan pendukung lainnya. Selian Upacara, peringatan hari jadi Wita Mori dirangkaikan dengan memperkenalkan memperkenalkan situs sejarah Benteng Ensa Ondau serta beberapa kegiatan lainnya.

Ketua Relawan Monga’a, Alwun mengatakan saat ini minat generasi muda terhadap sejarah daerahnya sudah kurang di era globalisasi yang lebih dominan dengan kepentingan pribadi. Sehingga, kami dari Relawan Mongga’e dan beberapa anak muda lainnya memulai kegiatan ini sejak tujuh tahun lalu, dengan melakukan ekspedisi ke Benteng Wulandero dan beberapa situs sejarah tanah mori.

“Tujuannya untuk mengajak generasi muda mengenal sejarah daerahnya, bahwa Wita Mori punya peranan penting dalam perjuangan melawan kolonialisme di Negeri ini,” kata Alwun, Senin, 23 April 2018.

Melalui kegiatan ini, lanjutnya, kita berharap generasi muda muda lebih mencintai daerah dan budayanya lewat sejarah Wita Mori. “Sebab, tanah tanah ini menyimpan semangat kekeluargaan, demokrasi serta budaya toleransi serta saling menghargai sejak lama oleh para generasi pendahulu Wita Mori,” imbuhnya.(Wardi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed