KPU Morut Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih di Pemilu 2019


Nasional – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Morowali Utara (Morut), Propinsi Sulawesi Tengah melakukan sosialisasikan pemutahiran data pemilih untuk pemilu 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Resto Di and Gi, Kolonodale, Senin 9 April 2018.
Sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Morut dihadiri oleh Para Camat se-Morut,  Pengurus Parpol,  Dinas Dukcapil, Kesbangpol dan Tokoh Masyarakat setempat.
Ketua KPU Morut,  Drs Tanwir Lamaming MA dalam sambutannya mengatakan,  pemutakhiran data dan daftar pemilih merupakan tahapan utama. Sebab penyusunan daftar pemilih benar akurat terkait hak konstitusi warga.
“Bisa jadi terdaftar atau tidak, tergantung kepada ketelitian dan kecermatan Pantarlih pada saat melakukan pendataan pemilih, jadi dibutuhkan dukungan masyarakat, tegas magister arkeolog Universitas Indonesia ini.
Ia menegaskan data pemilih merupakan hal yang penting untuk suksesnya  Pemilu 2019 mendatang. “Ini amanah  PKPU nomor 11 Tahun 2018 dijadikan sebagai pedoman dalam pemutakhiran pemilih,” jelasnya.
Sehingga, ia menaruh harapan bagi masyarakat dapat terdata dengan baik dan semua pihak dapat mendukung pada saat tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih oleh Pantarlih. “Baik Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa dan Parpol serta masyarakat mendukung pendataan pemilih ini,” tambahnya.
Kedepan,  lanjutnya,  Pantarlih akan kita dorong bekerja  optimal dalam proses  pencocokan dan penelitian (Coklit),  maka DPT Pemilu 2019 diharapkan akan jauh lebih  akurat  dan  berkualitas.
“Selain itu, KPU  juga menjadwalkan pelaksanaan Apel Gerakan Coklit Serentak  Pemilu Tahun 2019 pada 17 April 2018 mendatang,” tandasnya. (Wardi/TN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.