Wujudkan Lingkungan Bersih, Posramil Biak Timur, Trash Hero dan KMB Bersihkan Pantai Bosnik

PORTALINDO.CO.ID | Biak Timur – Dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, personel Posramil 1708-01/Biak Timur yang dipimpin oleh Serka Novan Irio berkolaborasi dengan Komunitas Trash Hero dan Komunitas Motor Biak (KMB) untuk melaksanakan aksi bersih-bersih di sekitar Talut Pantai Bosnik, Kampung Adorbari, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Selasa (27/8/2024).

Danposramil Biak Timur Serka Novan Irio menjelaskan bahwa kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk membersihkan sampah plastik dan botol bekas yang berserakan di area sekitar talut pantai.

“Aksi ini melibatkan personel Babinsa bersama komunitas Trash Hero dan KMB, dengan fokus pembersihan baik di dalam maupun di luar sekeliling talut Pantai Bosnik,” ujar Serka Novan.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Edukasi diberikan kepada warga setempat terkait dampak positif yang dihasilkan dari lingkungan yang bersih dan sehat, serta pentingnya tidak membuang sampah sembarangan.

Serka Novan berharap, kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, sehingga wilayah tersebut bisa tetap bersih, sehat, dan nyaman bagi semua orang.

“Semoga kegiatan ini menjadi momentum untuk membangun rasa kebersamaan dan semangat gotong royong antara TNI-AD, komunitas, dan masyarakat, dalam menciptakan sinergi dan memperkuat hubungan antara TNI dengan rakyat,“ pungkasnya.

Di sisi lain, Ketua Trash Hero Biak, Jack Rumbekwan, serta perwakilan dari Komunitas Motor Biak (KMB), Maikel Ronsumbre, mengapresiasi keterlibatan aktif anggota Posramil 1708-01/Biak Timur dalam aksi bersih-bersih ini.

Jack Rumbekwan menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin Trash Hero setiap minggu untuk menjaga kebersihan lingkungan, khususnya dalam upaya mengurangi sampah plastik yang berpotensi merusak ekosistem laut.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama melakukan perubahan demi menjaga bumi dari pencemaran sampah plastik. Kegiatan ini tidak hanya membersihkan lingkungan, tetapi juga memberikan edukasi pentingnya menjaga laut dan ekosistemnya,“ pungkas Jack.

(Sumber Pendam XVII/Cenderawasih)