Prajurit Satgas TNI Ajak Masyarakat Perbatasan Olahraga Bersama

PORTALINDO.CO.ID | Personel Pos Pintu Angin Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato menggelar olahraga bersama warga di Distrik Mulia Kabupaten Puncak Jaya, guna menjalin keakraban dan hubungan yang baik antara prajurit TNI yang sedang melaksanakan tugas sebagai Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Kewilayahan RI-Papua Nugini, Rabu (14/8/2024).

Dansatgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato Letkol Inf Dwi Hertanto mengatakan bahwa, melalui kegiatan olahraga dapat menjaga kebugaran fisik dan jasmani sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok.

Selain melakukan tugas pengamanan, anggota Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato berupaya untuk melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kampung melalui berbagai kegiatan, seperti halnya kegiatan olahraga bersama yang dilakukan di Pos Pintu Angin.

“Kita laksanakan kegiatan ini dalam rangka mempererat tali silaturahmi antara satuan tugas yang ada di wilayah Papua, supaya kedepannya apabila ada kegiatan atau permasalahan kita bisa saling bantu-membantu. Selain itu olahraga bersama juga termasuk kegiatan dari non fisik, melalui kegiatan ini kita wujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” ungkap Dansatgas.

Sementara itu, Komandan Pos (Danpos) Pintu Angin Letda Inf Eka Yudha Siregar menyampaikan, sesuai dengan arahan Dansatgas Yonif 715/Motuliato bahwa semua personel satgas wajib untuk tetap menjaga kebugaran jasmani di pos-pos jajaran Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat menyerang tubuh. Jadi wajib adanya olahraga dan akan lebih baik lagi jika dapat berkolaborasi dengan masyarakat sekitaran pos.

“Terlihat warga sekitar Pos Pintu Angin sangat mahir dalam bermain voli, tidak hanya itu mereka juga mahir dalam bermain bola kaki. Pertandingan persahabatan ini dilakukan untuk memupuk kekompakan antara personel Pos Pintu Angin dengan masyarakat sekitar pos,” kata Danpos Pintu Angin.

Salah seorang warga sekitar pos Samuel Wenda (38) mengungkapkan perasaan senang karena dapat olahraga dan bertanding dengan Bapak-bapak Tentara yang ada di Pos Pintu Angin, dan juga memberikan apresiasi kepada personel Pos Pintu Angin Satgas Pamtas Kewilayahan Yonif 715/Motuliato yang sudah memberikan fasilitas olahraga yakni net dan bola voli.

“Saya berharap kekompakan ini akan terus terjalin dan setiap ada kegiatan pos kami juga ikut dilibatkan,” kata Samuel.

(Pendam XVII/Cenderawasih)