SISWA DAN SISWI SD MEKARSARI 04 MENGIKUTI UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL.


Portalindo.co.id – Jakarta – Siswa dan siswi SD Mekarsari 04 Kecamatan tambun selatan kabupaten bekasi mengikuti upacara hari Pendidikan Nasional Hari Senin 2 mei 2018 mengikuti Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional.

Seluruh Dewan Guru dan kepala sekolah hadir dalam acara upacara bendera hari pendidikan nasional.

Menurut Keterangan Suparjo Spd.MM guru bidang ke Siswaan SDN Mekarsari 04 kepada Portalindo.Co.Id bahwa upacara bendera hari pendidikan nasional untuk dapat mengenang sejarah
Perjuangan Ki Hadjar Dewantara sebagai perintis pendidikan nasional diwujudkan dalam bentuk pendirian Perguruan Nasional Tamansiswa pada 3 Juli 1922. Mewujudkan sebuah lembaga nasional pada saat masih dalam cengkraman kekuasaan kolonial bukan saja tindakan sangat berani tetapi juga penuh resiko. Boro-boro mewujudkan, menggagas soal nasionalisme saja tidak banyak orang mau melakukannya.

Tetapi hal itu tidak berlaku bagi Ki Hadjar Dewantara. Kebulatan tekadnya berdasarkan analisa dan pertimbangan matang, bahwa usaha mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia tidaklah cukup hanya melalui pergerakan politik. Bagaimana mungkin suatu bangsa dapat mencapai kemerdekaan apabila di dalam diri setiap anak bangsa itu tidak tumbuh jiwa merdeka.

Manusia merdeka adalah tujuan pendidikan Taman Siswa. Merdeka baik secara fisik, mental maupun spiritual. Namun kemerdekaan pribadi ini dibatasi oleh tertib damainya kehidupan bersama dan ini mendukung sikap-sikap seperti keselarasan, toleransi, kebersamaan, kekeluargaan, musyawarah, demokrasi, tanggungjawab serta disiplin. Sedangkan maksud pendirian Taman Siswa adalah membangun budayanya sendiri, jalan hidup sendiri dengan mengembangkan rasa merdeka dalam hati setiap orang melalui media pendidikan yang berlandaskan pada aspek-aspek nasional.(Rachmat)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.