Serap Aspirasi Camat dan Kepala Desa, Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Lakukan Kunjungan Kerja di Kecamatan Taba Penanjung dan Kecamatan Merigi Kelindang

PORTALINDO.CO.ID, Bengkulu Tengah – Penjabat Bupati Bengkulu Tengah Dr. Heriyandi Roni, M.Si bersama rombongan yang terdiri dari Asisten 1, Staf Ahli Pemerintahan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, dan Sekretaris Bappeda melanjutkan kunjungan di 2 (dua) kecamatan yakni Kecamatan Taba Penanjung dan Kecamatan Merigi Kelindang, setelah sebelumnya berkunjung ke beberapa Kecamatan.

Adapun tujuan dari kunjungan kerja yaitu selain pertemuan tatap muka dengan Camat, Lurah dan Kepala Desa di dua kecamatan tersebut, Penjabat Bupati Bengkulu Tengah juga ingin menyerap dan mendengarkan langsung informasi dan aspirasi-aspirasi yang disampaikan seluruh Kepala Desa baik dibidang infrastruktur, pendidikan, pariwisata, kemasyarakatan maupun terhadap pembangunan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Heri Roni meminta Camat beserta Kepala Desa untuk tetap dan terus menjalin koordinasi, kolaborasi, dan komunikasi dalam membangun Bengkulu Tengah kedepannya.

“Sekali lagi saya selaku Penjabat Bupati Bengkulu Tengah meminta kepada seluruh camat, kepala desa dan seluruh perangkat pemkab selalu saling bahu membahu dan bekerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan agar lebih baik lagi ke depannya” ungkapnya.

Terhadap masukan dan aspirasi yang disampaikan oleh Camat dan Kepala Desa, Heri Roni menyampaikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melalui Dinas PMD termasuk pendamping desa agar bersinergi dan saling mendukung dalam membina desa agar pemerintah desa dapat bekerja dan membangun desa dengan aman, nyaman, lancar, sesuai aturan dan mendapatkan solusi dalam memecahkan setiap persoalan di Desa.

Pada kesempatan yang sama, Heri Roni meminta Camat, Lurah dan Kepala Desa di dua kecamatan tersebut untuk fokus dalam penanganan beberapa hal yang sangat penting diantaranya pertama stunting atau ketidakcukupan gizi yang berlangsung dari kehamilan sampai usia 24 bulan.

“stunting itu bukan masalah Dinas Kesehatan saja, akan tetapi banyak lintas sektor andil di dalamnya. Stunting merupakan perkembangan yang kurang akibat kekurangan kalori yang kronis. Sebaiknya diberikan edukasi yang baik kepada masyarakat tentang bahaya stunting serta cara mencegah stunting sejak saat kehamilan, yang mana Ibu hamil mendapatkan asupan yang baik dan sehat salah satunya” Ungkap Heri.

kedua terkait penanganan Covid melalui Vaksinasi. Heri Roni menyampaikan bahwa kita belum tahu kapan pandemi ini akan berakhir seutuhnya, Oleh karena itu, kita harus terus waspada dan mendorong peningkatan cakupan vaksin di masyarakat sampai dengan tahap vaksin ketiga (booster), meskipun data Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Tengah, capaian vaksin 1 dan 2 termasuk salah satu yang paling tinggi di Provinsi Bengkulu.

ketiga Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak.
Kementerian Dalam Negeri beberapa waktu lalu menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 31 Tahun 2022 tentang penanganan wabah PMK serta kesiapan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H. Walaupun Bengkulu Tengah tidak termasuk, tetapi Heri Roni tetap meminta agar Kepala OPD terkait yang terus melakukan pengawasan optimal bersama-sama dengan Camat, lurah dan Kepala Desa agar dapat mencegah serta siap terhadap pengendalian dan penanggulangan wabah PMK tersebut.

Keempat Sensus Penduduk Lanjutan 2022
pada kesempatan ini, Heri Roni juga menyampaikan kepada seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Desa agar mendukung program Badan Pusat Statistik dalam kegiatan Sensus Penduduk Lanjutan.

“Sensus penduduk berarti perhitungan jumlah penduduk secara periodik. Adapun survei tersebut dilakukan untuk memperkirakan jumlah, distribusi dan komposisi penduduk memperoleh data untuk perhitungan parameter demografi.”

kelima Turut Serta Menyukseskan Agenda Pilkada Serentak Nasional Tahun 2024
“Para Camat, Lurah dan Kades diharapkan berperan aktif dalam setiap proses untuk mensupport pelaksanaan tahapan termasuk pemutakhiran data terakhir” tutup Heri.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.