PLT BUPATI SUBANG SERAHKAN BANTUAN PANGAN NON TUNAI

PORTALINDO.CO.ID
Plt. Bupati Subang H. Ating Rusnatim, SE secara simbolis menyerahkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Subang tahun 2018, di Aula Kantor Kelurahan Soklat, Subang.

Plt. Bupati Subang juga menyaksikan secara langsung tata cara transaksi penggunaan kartu KKS dengan mesin e-walet yang telah disediakan oleh pihak bank BRI untuk dipergunakan ditukar dengan barang pangan berupa beras dan telur melalui e-warung.

Dalam kegitan ini, Plt. Bupati Subang mengapresiasi adanya Bantuan Pangan Non Tunai dari pemerintah pusat melalui Kementerian Sosial RI kepada masyarakat Kabupaten Subang.

“Dengan BPNT secara langsung selain membantu masyarakat juga membantu pemerintah daerah dalam menangani permasalahan masyarakat yang membutuhkan bantuan,” ujar Plt.Bupati Subang.

Dikatakan Plt.Bupati Subang, perubahan bantuan dari bantuan tunai menjadi bantuan non tunai merupakan program yang sangat baik yang dapat berkurangnya resiko permasalahan yang timbul seperti pungli maupun penyimpangan lainnya karena sudah kejadian ditahun-tahun sebelumnya ada Kades ataupun pengurus bantuan yang terjerat hukum.

“Saya optimis bahwa bantuan ini akan tersalurkan dan tepat sasaran kepada KPM yang benar-benar membutuhkan,” imbuh Plt. Bupati Subang.

Plt. Bupati Subang berpesan kepada petugas yang telah ditunjuk oleh pemerintah agar bertanggung jawab dalam pengawal dan mendampingi penyaluran bantuan BPNT.

Menurutnya, itu merupakan hak masyarakat penerima bantuan yang sepenuhnya tidak ada potongan dan tidak menimbulkan masalah yang kedepannya selain merugikan masyarakat juga pemerintah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Subang H. Rahmat Efendi, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) merupakan program Pemerintah Pusat pengganti Rastra (beras untuk keluarga sejahtera).

“Bantuan Pangan Non Tunai merupakan bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulannya melalui mekanisme kartu KKS. Kartu tersebut digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan / e-warong yang bekerjasama dengan Bank BRI kantor cabang Subang,” ujarnya.

Selanjutnya Rahmat mengatakan bahwa manfaat program bantuan pangan non tunai adalah untuk meningkatnya ketahanan pangan pada keluarga penerima manfaat.

Pimpinan Cabang BRI Kantor Cabang Subang Dwi Hendrarto dalam sambutannya memaparkan bahwa Bank BRI merupakan bank yang ditunjuk oleh pemerintah dalam penyaluran BPNT tersebut.

Dikatakannya bahwa Subang merupakan salah satu Kabupaten perluasan di Indonesia untuk BPNT. Untuk Subang sendiri, BPNT sebanyak 112.821 KPM yang siap untuk dilayani oleh bank BRI.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Asda I Setda Subang Bambang Suhendar, S.Ip, Ketua Komisi IV DPRD Subang, Kepala Divisi BriLink Kanwil Jabar.(Leni/Nursan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed