Pemda Morut Terima Piagam Penghargaan BPKP Sulteng

Morowali – Pemerintah Daerah Morowali Utara (Morut) menerima piagam penghargaan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan (BPKP) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). Hal itu disampaikan Yan A Pokote Kepala Bidang Pemerintahan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jumat, 11 Mei 2018.

Menurut Yan A Pokote, piagam penghargaan tersebut diterima sebagai bentuk apresiasi atas capaian implementasi penuh aplikasi Siskeudes (Sistim Informasi Keuabgan Desa). “Artinya, di Morut 100 persen desa sudah menggunakan aplikasi siskeudes yang diluncurkan oleh BPKP bekerjasama dengan Kemendagri,” kata Yan Pokote.

Dan penerapan aplikasi Siskeudes, tambah Yan A Pokote, sesuai dengan himbauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nomor : B.7508/01-16/08/2016, perihal himbauan terkait pengelolaan keuangan desa/Dana Desa. “Poin dua di himbauan KPK tersebut menyebutkan, memahami dengan baik dan menggunakan aplikasi Siskeudes yang dikembangkan oleh BPKP untuk mengelola keuangan desa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyelenggaraan Administrasi Pemerintahan Desa, Anderson Mengkanna, S.Sos saat ditemui diruang kerjanya mengakui dirinya ditunjuk untuk menghadiri Workshop evaluasi pelaksanaan implementasi siskeudes sekaligus menerima piagam penghargaan di Palu pada Rabu, 9 Mei 2018.

“Apresiasi ini diberikan berdasarkan PP no.60 tahun 2008 tentang sistem pengendalian intern pemerintah dan Perpres no.192 tentang BPKP dan Instruksi Presiden no.9 tahun 2014 tentang peningkatan kualitas sistem pengendalian intern dan kendala penyelenggaraan fungsi pengawasan intern dalam rangka mewujudkan kesejahteraan,” tuturnya.

Lebih jauh Anderson menjelaskan, keberhasilan yang dicapai berkat adanya upaya secara bersama baik oleh Pemerintah desa, Kecamatan hingga Pemerintah Daerah melalui Dinas pmd serta dorongan Bupati Morut Aptripel Tumimomor dalam mendorong tertibnya administrasi dan transparansi pengelolaan dana desa.

“Berkat adanya kebersamaan dan kesamaan persepsi ini semua bisa tercapai, olehnya kami mengucapkan terimakasi kepada semua elemen yang sudah berkontribusi terhadap penerapan aplikasi siskeudes di Morut. Sehingga dari 13 Kabupaten/Kota, cuma Morut yang dapat,” pungkasnya. (Wardi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed