Lebih Dekat Bersama TNI, Anak-Anak Taman Baca Efata Sentani Study Tour Ke Makodam XVII/Cenderawasih

Umum84 Dilihat

PORTALINDO.CO.ID, TNI milik masyarakat, termasuk milik anak-anak. Itulah gambaran saat ini tentang bagaimana kedekatan dan kebersamaan anak-anak dengan TNI di Tanah Papua. Seperti halnya yang dilakukan oleh anak-anak dari Taman Bacaan Efata Pos 7 Kampung Sereh Sentani Kabupaten Jayapura untuk lebih dekat dan menyatu dengan TNI melalui kegiatan study tour di lingkungan Makodam XVII/Cen, Sabtu (8/6/2024).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan, S.E., M.M dalam keterangannya.

“Kedatangan puluhan anak-anak yang berusia mulai dari 9 hingga 15 tahun bersama para pendamping dari Taman Baca Efata Sentani menunjukkan bahwa TNI dalam hal ini Kodam XVII/Cenderawasih selalu dekat dengan masyarakat, bahkan tidak dapat dipisahkan, terlebih dengan anak-anak,” jelas Kapendam.

Anak-anak tersebut sangat antusias saat mengikuti serangkaian kegiatan yang dipandu oleh Lettu Inf Sudarisman selaku Paurbinkasjas Jasdam XVII/Cen.

Kegiatan ini selain untuk memperkenalkan dan memberikan wawasan tentang bagaimana lingkungan militer yang mengedepankan humanis kepada anak-anak. Hal ini juga untuk menanamkan jiwa cinta tanah air dan menumbuhkan rasa bangga anak-anak Taman Bacaan Efata sebagai generasi emas Papua sebagai generasi penerus yang cerdas.

“Kegiatan ini juga untuk mengenal dan mendekatkan diri kepada anak-anak tentang keberadaan prajurit TNI yang bertugas menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Indonesia di Papua yang ada dalam bingkai NKRI,” jelas Kapendam.

Disela-sela kegiatan tersebut, Pendiri Taman Baca Efata Sentani Ibu Elisabet Awoitauw mengaku bangga bisa membawa anak-anak binaannya untuk berkunjung ke Makodam XVII/Cenderawasih.

“Dengan kedatangan anak-anak kami ke sini, mereka bisa lebih mengenal Kodam XVII/Cen, mereka juga lebih fleksibel dengan lingkungan luar, dan yang paling terpenting mereka bisa lebih dekat dengan prajurit Kodam dan juga tahu soal tujuan keberadaan Kodam ini,” kata Elisabet.