Harjati Ningsih, sangat mengidolakan sosok pahlawan perempuan (R.A. Kartini )


Portalindo.co.id  21/04/18 jakarta
Pengemudi ojek online Harjati Ningsih sangat mengidolakan sosok pahlawan perempuan yang telah mengangkat derajat wanita Indonesia, yakni Raden Adjeng Kartini.

“Dia (Kartini) menjadi inspirasi saya agar terus berusaha, berjuang, bersemangat, dan pantang menyerah, agar bisa dirasakan dampaknya untuk orang lain,” ucap Harjati di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (20/4/2018).


Harjati membuktikan bahwa ia telah mencontoh Kartini yang memiliki sifat terus berjuang dan pantang menyerah, untuk mengangkat derajat orang lain.

Ia berjuang untuk ketiga anaknya agar bisa membiayai sekolah mereka hingga tinggi, dengan cara menjadi driver ojek online dari pukul 07.00 hingga 22.00 WIB.

Pantang menyerah meskipun diguyur hujan dan jarak yang ditempuh sangat jauh, tidak ada kata mengeluh keluar dari mulut Harjati. Ia justru semakin bersemangat.

“Saya sering antar penumpang sampai Tangerang, Tambun, Bekasi, padahal rumah saya di Jakarta Timur. Tapi saya enggak ngeluh dan menyerah, demi anak bisa sekolah yang tinggi, saya angkat derajatnya dengan pendidikan,” tuturnya.

Sama seperti Kartini, perjuangannya tidak sia-sia. Anak pertamanya telah lulus kuliah, anak kedua masih berkuliah di Telkom University Bandung, dan anak bontotnya saat ini duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Habis gelap terbitlah terang, sama seperti saya. Anak lulus kuliah bagi saya adalah cahaya yang menerangi,” katanya.
Bagi Harjati, wanita yang bekerja keras untuk keluarganya dengan semangat yang tinggi adalah Kartini Indonesia masa kini.“Semangat mereka yang tinggi untuk bekerja keras bagi saya itu sangat luar biasa, wonder woman, Kartini-nya Indonesia,” ujar Harjati.


Namun, ia sedikit prihatin dengan wanita muda yang kurang paham dan mengenal sosok Kartini, yang mereka tahu Hari Kartini hanya lomba berbusana daerah tanpa tahu maknanya.

“Anak muda sekarang cuma sedikit yang mengenal sosok Kartini, yang mereka tahu Hari Kartini hanya memakai busana dan berlenggak-lenggok di atas panggung. Ketika ditanya Kartini seperti apa, pada enggak bisa jawab,” beber Harjati.

Ia berharap wanita muda bisa lebih mengenal dan mencontoh perjuangan dan semangat RA Kartini yang membawa perubahan besar untuk orang banyak.(Supriyadi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.