Grebek Sampah, Kodim 1708/BN Dan Trash Hero Bersihkan Pantai Kampung Ambroben

Umum40 Dilihat

PORTALINDO.CO.ID | Biak – Clean Up dan Education ke 101bersama Kodim 1708/BN, Komunitas Trash Hero Biak dan lintas komunitas peduli lingkungan kini menyasar di Pantai Kampung Ambroben Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (22/6/2024).

Kegiatan ini merupakan upaya nyata dalam menjaga kebersihan pantai sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Kegiatan ini juga dilakukan sebagai persiapan menyambut acara Snap Mor mendatang. Snap Mor merupakan tradisi menangkap ikan di laut saat air sedang surut yang dimiliki oleh Suku Biak.

Serka Kusnadi salah satu anggota Kodim 1708/BN yang terlibat dalam kegiatan tersebut, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kegiatan ini adalah membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di wilayah pesisir dan pantai.

Menurutnya, menjaga kelestarian ekosistem pesisir sangat penting untuk masa depan lingkungan hidup.

“Kebersihan pantai, terutama di wilayah pesisir, sangat penting untuk mempertahankan ekosistem alami lingkungan yang berdampak terhadap masa depan lingkungan hidup,” ucap Serka Kusnadi.

Ia menambahkan bahwa kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan salah satu langkah positif dalam menjaga kelestarian pesisir dan laut.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat lain akan terinspirasi untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke pesisir pantai dan laut,“ harapnya.

Ia juga menekankan bahwa kerjasama antar komunitas dan masyarakat sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang untuk mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Dengan bekerja bersama-sama, diharapkan dapat tercipta sinergi yang kuat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan.

Ketua Komunitas Trash Hero Biak Jack Rumbekwan, menyampaikan apresiasinya terhadap partisipasi aktif masyarakat dan Anggota Kodim 1708/BN dalam kegiatan ini.

“Kerjasama ini menunjukkan bahwa dengan bersatu, kita bisa membuat perubahan nyata bagi lingkungan kita. Kebersihan pantai bukan hanya tanggung jawab satu pihak, tetapi tanggung jawab bersama,“ katanya.

Otentifikasi : Pendam XVII/Cenderawasih