Donor Darah Dalam Rangka Hut Kabupaten Cirebon.

PORTALINDO.CO.
Dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kabupaten Cirebon, Palang Merah Indonesia telah mengadakan bakti sosial donor darah bertempat di Ruang Paseban Setda Kabupaten Cirebon.

Acara tersebut diikuti oleh para pendonor darah baik di lingkungan SKPD maupun masyarakat. Dalam keterangannya panitia donor darah bapak Ismail mengatakan bahwa Tujuan diadakannya donor darah ini dalam rangka momentum Hari Jadi Kabupaten Cirebon, menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kebersamaan antar sesama, menumbuhkan kesadaran akan arti pentingnya saling membantu dan berbagi untuk yang membutuhkan serta menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat dikarenakan donor darah memberikan manfaat, seperti:
1. Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan resiko serangan jantung hingga 88%. Dan menurut seorang dokter, mendonorkan darah membuat kita jarang sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil. Kadar zat besi dalam darah yang tinggi dapat membuat kita rentan terkena penyakit jantung.
2. Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Ketika donor, sel darah merah akan berkurang, sumsum tulang belakang pun segera memproduksi sel darah merah baru guna menggantikan yang hilang. Tubuh pun sudah dapat menggantikan darah sel-sel darah merah yang hilang ketika didonorkan dalam beberapa minggu. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.
Sebelum melakukan donor darah, suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan kadar hemoglobin akan diperiksa. Setelah donor darah selesai dilakukan, darah akan dikirim ke laboratorium untuk menjalani 13 tes yang berbeda. Jika ada yang salah dengan darahnya, pasti akan segera diberitahu. Selain berbuat mulia, kita juga bisa mendapatkan cek kesehatan secara cuma-cuma. Banyak nyawa bisa diselamatkan dan banyak harapan bisa diberikan dengan melakukan donor darah. Darah yang telah didonorkan dapat diberikan kepada pasien darurat medis seperti korban kecelakaan, pasien operasi besar, penderita kanker atau kelainan darah, atau bahkan bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu. (Rachmat/Nursyan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed