Cagub Ida Fauziyah: Pentingnya menjaga Eksistensi seni budaya

Portalindo.co.id – Pati – Ida Fauziyah,  Calon Wakil Gubernur Jawa Tengah menekankan pentingnya menjaga eksistensi seni budaya ketoprak saat menghadiri sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati.
Pasangan dari Calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said itu bahkan menyebut, masyarakat bisa belajar nilai-nilai kearifan maupun kepahlawanan dari ketoprak, ketoprak bukanlah sembarang seni.”meurut Ida.
Kita bisa belajar tentang kepahlawanan. Bukan malah mencari Doraemon dari Jepang,” ujar Ida Fauziyah usai menyaksikan sedekah laut menampilkan pertunjukan ketoprak dengan lakon Damarwulan Tanding, Minakjinggo Ronggolawe Gugur, “Budaya kita jauh luar biasa.”Ujarnya, Kamis (3/5/2018)
Ida, mengapresiasi penuh Pati sebagai daerah yang luar biasa. Alasannya, kata Sudirman, orang-orang di Pati mampu memberi kesempatan pada generasi muda untuk bisa menikmati budaya yang luar biasa pula. “Pati ini sumbangkan budaya ketoprak yang tidak sedikit. Yang saya dengar ada 35 grup ketoprak yang sampai sekarang masih eksis,” ucapnya.
Keberadaan grup-grup ketoprak itu, lanjut Ida, bisa menjadi bagian untuk mengenalkan budaya kepada generasi penerus.
“Tanpa ini, siapa yang akan mengenalkan? Grup-grup ini sudah menjadi bagian melestarikan budaya yang ada,” kata Ida (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed