Kemendagri dan BNPP Salurkan Daging Kurban ke Mustahik

PORTALINDO.CO.ID, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) menyalurkan secara simbolis daging kurban kepada perwakilan para mustahik. Penyaluran itu dilakukan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro di Plaza Gedung A Kantor Pusat Kemendagri, Senin (11/7/2022).

Dalam kesempatan itu hadir mendampingi Suhajar, yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Agus Fatoni selaku Ketua Panitia Penyelenggara Kegiatan Idul Adha Tahun 1443 Hijriah di Lingkungan Kemendagri dan BNPP.

Adapun para perwakilan mustahik tersebut terdiri dari pegawai golongan I, golongan II, tenaga keamanan, tenaga kebersihan, pramusaji, satuan kerja komponen Kemendagri, dan masyarakat di sekitar Kemendagri. Daging kurban juga diberikan kepada yayasan yang berhak dan para yatim piatu.

Dalam sambutannya, Suhajar menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajarannya yang telah ikhlas menjalankan ibadah kurban. Terlebih, tahun ini jumlah hewan yang dikurbankan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Dirinya berharap, kualitas ibadah kurban yang dijalankan oleh Kemendagri dan BNPP dapat semakin meningkat serta memberikan banyak manfaat.

“Oleh karena itu, saya ingin menghaturkan terima kasih kepada seluruh jajaran dan juga kawan-kawan yang telah mengoordinirnya, karena ibadah kurban ini diwajibkan bagi yang mampu, syarat-syaratnya kita sudah paham semua,” tandas Suhajar.

Sementara itu, dalam laporannya Agus Fatoni menjelaskan, jumlah hewan kurban tahun ini meningkat meski masih dalam kondisi pandemi. Menurut data yang dikantonginya, total hewan kurban yang terhimpun sebanyak 235 ekor dengan rincian 92 ekor sapi, 1 ekor kerbau, dan 142 ekor kambing. Dari jumlah itu, kemudian di bagi ke dalam 9.944 paket atau bungkus. Jumlah itu terdiri dari 8.150 bungkus daging sapi, 90 bungkus daging kerbau, dan 1.704 bungkus daging kambing.

Dia menjelaskan, hewan kurban tahun ini dibagikan kepada para mustahik dengan 3 skema penyembelihan. Pertama, melalui panitia penyelenggara di Rumah Potong Hewan (RPH) Sumber Rejeki Pondok Rangon. Kedua, penyembelihan yang dilakukan oleh masing-masing internal komponen Kemendagri. Ketiga, penyembelihan yang dilakukan secara mandiri.

“Bahwasannya hewan kurban yang disembelih di lingkungan Kemendagri dan BNPP dipastikan bebas dari penyakit mulut dan kuku,” jelas Fatoni.

Puspen Kemendagri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.