Ini 5 Peserta Terbaik Bimtek Penulisan Rilis Berita Ditjen Bina Keuda Kemendagri

PORTALINDO.CO.ID, Jakarta – Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar kegiatan peningkatan kapasitas di bidang publikasi dan kehumasan Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan bertajuk “Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Kehumasan dan Penulisan Press Release”, bertempat di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Kegiatan diikuti ASN yang menangani media dan kehumasan pada setiap Direktorat. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari penuh dan diikuti dengan praktek dan simulasi. Sedangkan narasumber berasal dari praktisi, pakar, ahli yang profesional dan Tim Media Pusat Penerangan (Puspen) Kemendagri.

Pada pagi hari, pemateri memberikan teori teknik menulis berita yang baik dan benar.

Setelah itu di siang harinya, peserta langsung praktik menulis press release. Setelah dikoreksi bersama dan diberi penilaian oleh pemateri dan seluruh peserta yang hadir, ada 5 orang peserta dengan penilaian terbaik, diantaranya: Ajie Cakra Maulana, S.STP, MPA dari Direktorat Perencanaan Anggaran Daerah. Ajie menuliskan rilis berita dengan judul: Rapatkan barisan, Kemendagri, Polri, dan Jasa Raharja Dorong Potensi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor.

Peserta terbaik lainnya ialah Fitri Andriyani, S.STPa dari Direktorat Pendapatan Daerah dengan judul berita “Kemendagri Dukung Rencana Penghapusan Data Kendaraan yang Tidak Melakukan Pembayaran PKB”.

Kemudian peserta terbaik lainnya, Dimas Bayunegara, S.H dari Direktorat BUMD, BLUD dan Barang Milik Daerah. Ia menulis berita dengan judul “Kemendagri Dukung Kakorlantas Menghapus Registrasi Kendaraan Bermotor”.

Selanjutnya, peserta terbaik lainnya ialah Syafrida Hanum, S.I.P dari Direktorat Pendapatan Daerah dengan judul berita “Ini Dia Syarat Pemda Mendapat Rewards dari Tim Pembina SAMSAT Nasional”.

Peserta terbaik lainnya Ega Kus Yhuda Israj, SH, M.Kn dari Sekretariat Ditjen dengan judul berita “Rekonsiliasi Data Pajak Kendaraan Bermotor Tingkat Nasional”.

Atas raihan tersebut, para peserta terbaik diberikan hadiah oleh panitia dan tulisan beritanya menjadi rilis resmi Ditjen Bina Keuda yang akan dipublikasikan di media nasional.

Dalam sambutan dan pengarahannya melalui daring, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri, Agus Fatoni menyampaikan peran kehumasan dan media sangat penting pada era keterbukaan dan revolusi industri 4.0 saat ini.

“Masyarakat perlu diberikan informasi yang obyektif, aktual dan menarik,” ungkap Fatoni.

Fatoni menjelaskan, publikasi kegiatan pemerintah perlu dilakukan, agar masyarakat bisa merasakan kehadiran negara dan pemerintah. Masyarakat juga perlu mengetahui pemerintah bekerja siang dan malam.

“Pemerintah bekerja perlu mempertanggungjawabkan apa yang dilakukannya. Salah satunya dengan penyampaian informasi tersebut kepada masyarakat,” tambahnya.

Lebih lanjut, Fatoni menegaskan, kalau perlu, kita isi dunia langit (dunia maya) dengan berita-berita yang positif, mendidik dan menghibur. Sehingga bisa mengalahkan berita-berita provokatif, hoax, fitnah dan menghasut. Ini tugas kita (ASN), bersama

Pelatihan Publikasi Media tersebut diselenggarakan dengan harapan tiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ditjen Bina Keuda Kemendagri khususnya dapat mempublikasikan setiap aktivitas, program ataupun capaian kinerja institusinya dengan baik serta benar.

Pemateri dalam Bimtek Pelatihan Menulis Press Release Berita tersebut ialah seorang praktisi media yang juga wartawan senior, Nurfahmi Budi Prasetyo.***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.