Komandan Batalyon Arhanud 10/ABC pimpin Upacara reorganisasi satuan Yonarhanud 10/ABC sesuai Orgas Yonarhanud 515

Nasional290 Dilihat

PORTALINDO.CO.ID, Jakarta – Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos., M.Han memimpin langsung upacara reorganisasi satuan sesuai dengan Orgas Yonarhanud 515 sekaligus upacara sertijab Danrai / Dantimhar serta meresmikan lambang dan nama baru Baterai Yonarhanud 10/ABC berdasarkan keputusan Danmenarhanud 1/F Dam Jaya bertempat di lapangan upacara Gagak Hitam Yonarhanud 10/ABC, Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Kamis (1/6/2023)

Upacara berlangsung khidmat, diawali dengan laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, laporan korps raport pergeseran jabatan dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan oleh Letkol Arh Joko Sukoyo, S.Sos., M.Han selaku Irup.

Masih dalam rangkaian, dilaksanakan peresmian lambang dan nama baru Baterai Yonarhanud 10 ditandai dengan penyerahan bendera Baterai kepada masing-masing Komandan Baterai yang baru menjabat dan penandatangan Pakta Integritas.

Tujuan dari perubahan lambang Baterai agar setiap Baterai mempunyai arti dan makna yang berbeda sesuai dengan filosofi Arhanud dalam menangkal serangan udara musuh.

Nama dan lambang Baterai diambil dari nama senjata pewayangan. Baterai Markas dengan nama Maniktira yang merupakan senjata Sadewa, Tim Har dengan nama Tirta Manik merupakan senjata dari Nakula, Baterai A dengan nama Ardadedali lambang senjata dari Pandawa Arjuna, Baterai B dengan nama Brahmastra lambang senjata dari Dewa Brahma, Baterai C dengan nama Cakra Bhaskara lambang senjata dari Prabu Kresna.

Dalam amanatnya, Komandan Batalyon menyampaikan Upacara tradisi korps ini dilakukan agar para prajurit mengetahui bahwa satuan Yonarhanud 10 sudah beralih Orgas, dari orgas lama Yonarhanud 595 menjadi orgas baru Yonarhanud 515 sekaligus untuk mengenal pejabat baru yang akan bergabung di Baterai baru.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa perubahan orgas satuan bukan yang pertama kita laksanakan, saya berharap tidak menjadi beban atau permasalahan, tapi harus kita hadapi dengan penuh keyakinan bahwa kita mampu menjalankan amanah yang telah diembankan kepada kita semua dengan semangat keberanian, kejujuran, kedisiplinan dan keikhlasan untuk satuan serta bangsa dan negara”, ujar Letkol Arh Joko.

“Bagi personel perwira yang mendapat tugas dan jabatan baru agar segera melaksanakan pergeseran jabatan sesuai dengan surat perintah, sebagai Danrai dan Dantimhar kenali dan dalami tugas serta situasi anggota yang menjadi tanggung jawab kalian,” sambungnya.

Adapun Perwira yang melaksanakan pergeseran jabatan, antara lain Kapten Arh Dody Firgiawan selaku Komandan Batera Ardadedali, Kapten Arh Wahyu Aji selaku Komandan Baterai Brahmastra, Lettu Arh Deddinurdianto selaku Komandan Tim Pemeliharaan dan Lettu Arh Budi Utomo selaku Komandan Markas. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *