Giat Rutin, Babinsa Serka Rudiyanto Pantau Perkembangan Harga Sembako dan Keamanan Pasar

Ekonomi122 Dilihat

PORTALINDO.CO.ID, Kodam Jaya, Kodim 0503/JB – Personel Babinsa Koramil 01/Tamansari, Serka Rudiyanto turun ke pasar tradisional di PD Pasar Pecah Kulit Jalan Mangga Besar IX, RT. 007/001, Kelurahan, Pinangsia, Kecamatan Tamansari Jakarta Barat. Selasa 6 Juni 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui situasi dan kondisi keamanan di sekitar pasar serta memantau stabilitas harga sembako. Hal itu sampaikan oleh Batituud Koramil 01/Tamansari Peltu Anton Sugiatno. Tidak hanya soal keamanan, kata Batituud , namun peran Babinsa juga wajib untuk mengikuti perkembangan stabilitas harga bahan pokok di pasar.

Serka Rudiyanto juga menambahkan bahwa pelaksanaan monitoring atau pengecekan yang dilakukannya itu sebagai bentuk dan peran setiap personel TNI Angkatan Darat (TNI AD) dalam mengayomi masyarakat.

“Dengan turun ke pasar tradisional, tentunya dapat membuka komunikasi kita dengan pedagang serta pembeli, baik itu soal harga hingga kenyamanan saat belanja di pasar, “tegasnya.

Di dalam berinteraksi dengan para pedagang dan pembeli yang ada di pasar, ia pun menyarankan kepada pedagang supaya tidak menaikkan harga secara drastis jika terjadi gejolak atau lonjakan harga.

“Kegiatan ini dalam rangka deteksi dini, agar harga tidak melonjak secara drastis dengan menjaga pasokan dari pasar-pasar induk demi terwujudnya ketahanan pangan nasional, “terangnya lagi.

Tidak hanya itu, Monitoring di pasar juga sebagai upaya untuk menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat terutama harga-harga bahan pokok.

Terlepas dari hal itu, hal yang terpenting sebagai Babinsa adalah memantau situasi keamanan, ketertiban dan kebersihan pasar. Sehingga masyarakat dan pedagang merasa aman, serta nyaman di saat bertransaksi jual beli di pasar. (Pen01/TS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *