Suksesnya Implementasi Pemberdayaan Masyarakat

PORTALINDO.CO.ID, Pemberdayaan masyarakat dapat diartikan suatu proses yang membangun SDM (Sumber Daya Manusia) melalui pengembangan kemampuan masyarakat maupun pengorganisasian masyarakat. Kemampuan masyarakat yang dapat dioptimalkan tentunya banyak sekali contohnya kemampuannya dalam mencari informasi, mengelola kegiatan yang ada di lingkup masyarakat, dan lain sebagainya. Dari sini sudah terlihat, adanya 2 tujuan utama pemberdayaan masyarakat, yakni mengembangkan kemampuan masyarakat dan mengorganisir diri dari masyarakat tersebut. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa merupakan unsur pelaksana urusan Pemerintahan dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan desa. Di setiap kalangan masyarakat pasti memiliki banyak masalah dengan kriteria yang berbeda-beda.

Untuk itu seperti apa tujuan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sendiri?
Tugas atau fungsi daripada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa adalah
A. Perumusan kebijakan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa;
B. Pelaksanaan kebijakan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa;
C. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.
Kasus yang kini beredar banyak sejumlah masyarakat yang mengalami kemiskinan. Adanya bantuan sosial yang diberikan kepada masyarakat tentunya sangat berarti bagi mereka. Pemberian bansos ini dapat dilakukan dengan beberapa tujuan yang ada,
A. Membantu perekonomian masyarakat;
B. Mengurangi dampak kemiskinan bagi masyarakat;
C. Meringankan beban kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Di tinjau dari banyaknya pemberian bansos saat ini tentunya terdapat kinerja serta kepemimpinan yang efektif dari pihak Pemerintahan yang ada. Kepemimpinan yang efektif ini ditinjau dari seorang pemimpinnya yang mampu mempertimbangkan segala situasi yang ada secara keseluruhan dalam setiap rancangan kegiatan. Selain itu, terdapat variable-variabel yang lain, diantaranya adalah visi misi dari pemerintahan tersebut. Ditinjau dari kinerjanya, indokator kebijakan dari pemerintah juga cukup efektif guna membantu maupun mengimplementasikan kebijakan tersebut serta dapat meyakini adanya distribusi yang adil dan dilayani semua masyarakat. Dalam konteks pengukuran kinerjanya, menekankan pada pentingnya kepastian pemberian pelayanan kepada mereka yang sangat membutuhkan, yaitu masyarakat tersebut.

Silvia Dike Fernanda
Mahasiswa Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.