Dirjen Bina Pemdes Lakukan Sosialisasi dan Tinjau Pertashop di Padang Pariaman

PORTALINDO.CO.ID, Padang Pariaman – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo melakukan sosialisasi sekaligus meninjau Pertashop di Nagari (Desa) Koto Tinggi, Kecamatan Enam Lingkung, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (10/6/2022).

Yusharto mengatakan, pembangunan Pertashop di Padang Pariaman dapat menjadi percontohan bagi daerah lainnya. Pasalnya, beberapa aspek pengelolaan di daerah tersebut telah terpenuhi yaitu fasilitas yang lengkap dengan dua tipe Pertashop, yakni gold dan premium. Tenaga operatornya juga telah dilatih sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) serta diikutsertakan dalam program magang di SPBU terdekat.

Pertashop di Padang Pariaman juga menjadi sumber usaha di desa untuk meningkatkan kegiatan ekonomi yang dapat memaksimalkan potensi desa.

Yusharto mengungkapkan, penjualan bahan bakar minyak (BBM) di Nagari Koto Tinggi berjalan baik, termasuk saat momen kenaikan harga BBM April lalu.

“Berdasarkan penjelasan operator, penjualan sekitar 400 liter ini dalam rata-rata yang cukup baik,” ungkap Yusharto.

Yusharto berharap, ke depan Pertashop tidak hanya menjual bahan bakar, tetapi juga sebagai sarana pendukung peningkatan ekonomi berbasis masyarakat desa. Yusharto juga meminta agar fasilitas Pertashop dijaga dengan baik.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis mengatakan, keberadaan Pertashop di daerahnya sangat membantu masyarakat dalam memenuhi bahan bakar.

“Solusi cerdas dengan adanya Pertashop ini, alhamdulillah sudah ada 50 titik Pertashop di Padang Pariaman. Kita sangat terbantu dengan adanya Pertashop. Di daerah titik terdekat ke SPBU Pertamina sekitar 35 kilometer dengan adanya Pertashop ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi bahan bakar,” kata Rudy.

Selain itu, adanya Pertashop juga diakui turut membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Dirinya mendorong agar keberadaan Pertashop dapat menjangkau lebih banyak masyarakat.

Senada dengan Sekda Padang Pariaman, Tokoh Adat Nagari Koto Tinggi Rafi Datuak Sinaro mengatakan, masyarakat Koto Tinggi sangat antusias atas kehadiran Pertashop. Menurutnya, ada beberapa keunggulan Pertashop di Koto Tinggi di antaranya pelayanan yang sangat ramah dan lokasinya mudah dijangkau masyarakat.

“Masyarakat sangat antusias dengan Pertashop, pelayanan sangat ramah dan mudah dijangkau masyarakat, jadi, tidak perlu jauh ke SPBU dan kualitas sangat baik,” ungkap Rafi.

Turut hadir dalam sosialisasi dan peninjauan tersebut Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa (FPKAD) Paudah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbar Masrul, Camat Enam Lingkung Jhon Riswan, Kepala Desa Koto Tinggi, Perwakilan PT Pertamina, Manager Retails Sales Sumbagut Aribawa, serta Manager Fuel Channel dan Partnership Daniels.

Puspen Kemendagri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.