Dankodiklatad Tinjau Uji Loading dan Unloading Meriam 155 Caesar GS di Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara

PORTALINDO.CO.ID – Bandung. Guna memastikan kesiapan Yonarmed 9/155 GS/Pasopati/1/1 Kostrad dalam mendukung Latma Garuda Shield-16/2022 khususnya saat perpindahan alutsista berupa Meriam 155 Caesar GS menggunakan pesawat militer C-130 Hercules milik TNI AU, Dankodiklatad, Letjen TNI Ignatius Yogo Triyono, M.A. meninjau pelaksanaan uji loading dan unloading Meriam Caesar 155 GS ke dalam pesawat Hercules C-130 Long Body di Pangkalan Udara TNI AU Husein Sastranegara. Kamis (7/4/2022)

Dalam kegiatan ini Dankodiklatad yang didampingi oleh Danpussenarmed Kodiklatad, Mayjen TNI Totok Imam Santoso dan Dirbinlat Pussenarmed Kodiklatad, Kolonel Arm Hendro Susena meninjau langsung uji teknis loading dan unloading Meriam Caesar 155 GS bekerja sama dengan Skadron Udara 31. Seperti diketahui bahwa Kodiklatad bersama-sama dengan US Army akan menjadi penyelenggara latihan bersama Garuda Shield-16/2022 bulan Agustus 2022 yang bertempat di beberapa pulau di Indonesia.

Nampak pada kegiatan ini terlatihnya personel Armed TNI AD bekerja sama dengan awak Skadron Udara 31 dalam beberapa materi uji di antaranya merubah posisi Meriam 155 mm Caesar dari sikap siap gerak menjadi posisi siap angkut, drill keluar/masuk dari dalam badan pesawat kemudian uji coba loading Meriam 155 mm Caesar sampai dengan posisi terkait rantai pengaman, papan shoring dinaikkan ke dalam pesawat dan pintu pesawat ditutup hingga dinyatakan siap take off dalam waktu 20 menit 44 detik.

Selanjutnya untuk uji unloading setelah diperanggapkan pesawat landing, kemudian rantai pengaman dilepas dan Meriam Caesar 155 mm turun dari pesawat dalam waktu 06 menit 40 detik. Pemindahan alutsista ini menjadi proses krusial yang perlu mendapat perhatian guna memastikan agar berjalan tepat waktu namun juga memenuhi faktor keamanan.

Turut hadir Danskadron Udara 31, Danyonarmed 9/155 GS/Pasopati/1/1 Kostrad serta Kadisops Lanud Husein Sastranegara.

(Penerangan Kodiklatad)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed