Cerdaskan Anak Bangsa, Babinsa Ajarkan Anak Usia Dini Tentang Pancasila

PORTALINDO.CO.ID – Kodam Jaya, Jakarta Barat – Agar anak dapat memiliki akhlak mulia memiliki moral yang sesuai dengan harapan bangsa. Anggota Koramil 01/Tamansari Kodim 0503/JB, yang di pimpin Serka Rudiyanto memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila di Kampung Pancasila Jalan KP Jawa Malang, Rt. 005/007, Kel. Keagungan, Kec. Tamansari, Jakarta Barat. Jum’at (25/3).

Menurut Serka Rudiyanto, hari ini kami mengenalkan dulu lambang atau logo-logo yang ada di yang ada di sila-sila Pancasila sambil mangajak bernyanyi pada anak-anak Paud Lestari binaan Ibu Ainum.

“Mengingat anak usia dini seperti ini kita tidak bisa langsung memberikan pemahaman terlalu jauh tapi bertahap dalam memberikan pengenalan terkait nilai-nilai Pancasila.”ungkap Serka Rudiyanto.

Guru Paud Ibu Ainum sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kodim 0503/JB Koramil 01/Tamansari, dengan adanya kampung Pancasila yang mana kami dapat melaksanakan kegiatan apapun baik kepada anak usia dini hingga dewasa dalam memberikan pengenalan nila-nilai Pancasila.

Melalui via seluler kepada awak media, Danramil Tamansari, Mayor Inf Zulkarnaen Galib menjelaskan.”
Nilai Pancasila sangat tepat bila ditanamkan pada anak sejak masih usia dini. Hal ini agar setelah mereka dewasa, mereka akan terbiasa dengan perbuatan dan tingkah laku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Anak sangat membutuhkan bimbingan dari orang lain terutama orang tua untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila tersebut. Hal tersebut bisa dilakukan dengan permainan, lagu, rekreasi, serta cara memberikan hormat yang bisa menyenangkan bagi anak.”urai Mayor Galib.

Masih kata Danramil anak usia dini juga perlu diberikan pendidikan di sekolah, agar penanaman nilai yang tertanam lebih dalam dalam jiwanya.tuturnya

“Menanamkan moral pada anak sejak usia dini juga sangat diperlukan. Dengan demikian, anak dapat mengembangkan sikap dan perilaku yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.” Pungkas Mayor Galib.

Dirinya menambahkan akan Nilai-nilai luhurnya menjadi pondasi dalam diri setiap anak, agar kelak ketika anak itu dewasa memiliki karakter kebangsaan.tutup Danramil pada awak media. (Pen01/TS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed