Cegah Risiko Kanker, Ketua DWP Kemendagri Tekankan Pentingnya Pola Hidup Sehat

PORTALINDO.CO.ID, Jakarta– Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nani Suhajar menekankan pentingnya menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah risiko penyakit kanker. Pesan itu disampaikannya saat membuka Sosialisasi Penyakit Kanker bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Anggota DWP di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Kamis (14/7/2022). Pola hidup sehat ini perlu didukung dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang.

“Kesehatan merupakan hal yang paling penting dalam kehidupan kita saat ini, tidak hanya untuk diri sendiri namun bagi seluruh keluarga kita dan juga bagi karyawan, utamanya dalam kondisi pandemi Covid-19 kita perlu memiliki perhatian yang lebih dalam menjaga kesehatan,” ujar Nani.

Dia menjelaskan, berdasarkan hasil survei salah satu faktor tingginya jumlah kasus kanker stadium lanjut adalah keengganan memeriksakan diri ke dokter karena takut didiagnosis kanker. Ketakutan ini muncul karena orang awam seringkali hanya mendengar bahwa kanker tidak ada obatnya, tanpa pernah mencari informasi yang benar mengenai penyakit tersebut.

“Saya memiliki pengalaman penyakit Covid-19 dan penyakit kanker, di mana kehadiran penyakit tersebut tidak dapat diduga karena saya rasa telah menerapkan hidup yang sehat. Namun, memang kita tetap perlu bisa memberikan kepedulian terhadap diri kita sendiri dengan sering medical check-up dan memeriksakan diri ke dokter jika kita sakit,” lanjut Nani.

Di lain sisi, dirinya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat mendorong seluruh pegawai agar menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah penyakit kanker sekaligus berbagi pengalamannya. Selain itu, para peserta juga dapat memiliki kesadaran dan kepedulian dalam mengendalikan faktor risiko kanker dengan melakukan deteksi dini. Dengan demikian, angka kesakitan dan kematian akibat penyakit kanker dapat ditekan.

Adapun Ketua Penyelenggara yang juga Ketua DWP unit BPSDM Kemendagri Lusje Tabalujan menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini untuk mengedukasi mengenai cara deteksi dini gejala kanker, bahaya kanker, dan penanggulangannya. Selain itu, mendorong penerapan pola hidup sehat untuk mencegah timbulnya penyakit kanker.

Puspen Kemendagri

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.