Pengibaran Bendera Merah Putih di Bukit Sion dan Kirab oleh Satgas Habema dengan Masyarakat Sinak Warnai Kemeriahan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

PORTALINDO.CO ID | Sinak Puncak, – Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) Raider 323/Buaya Putih Kostrad, salah satu Satuan Jajaran Komando Operasi HABEMA di Papua, tengah melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan Mobil RI-PNG, di wilayah Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, bersama masyarakat Sinak melaksanakan kegiatan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bukit Sion Distrik Sinak, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia, Kamis (22/8/2024).

Dalam penekanannya kepada para Prajurit TNI, Komandan Satgas Yonif 323 Kostrad, Letkol Inf Tri Wiratno, menyampaikan pentingnya perhatian Satgas kepada kebutuhan masyarakat di sekitar Pos. Berangkat dari penekanan tersebut, sejak awal bulan Agustus, Komandan Pos Sinak Mayor Inf Firman telah melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para Tokoh Masyarakat Distrik Sinak, khususnya terkait rencana peringatan Hari Kemerdekaan. Hasil Komsos, disepakati beberapa kegiatan sebagai bagian dari rangkaian peringatan, termasuk kegiatan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bukit Sion.

Mengawali kegiatan, Mayor Inf Firman menyampaikan ucapan terima kasih atas antusiasme dan kehadiran para warga pada kegiatan hari Kamis pagi tersebut. Setelah rangkaian kegiatan siap, para Prajurit TNI bersama segenap pihak dan warga masyarakat Sinak bersama-sama melakukan kegiatan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bukit Sion. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Personel Aparat Keamanan TNI-Polri yang bertugas di wilayah Sinak, para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Guru Distrik Sinak, Anak-Anak Sekolah serta warga masyarakat Sinak dari berbagai kalangan. Seluruh peserta kegiatan yang turut hadir di lokasi telah memeriahkan dan meramaikan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih dengan penuh semangat dan riang gembira.

Setelah rangkaian kegiatan selesai, salah satu warga masyarakat, Bapak Natanius Telenggeng dengan antusias menyampaikan terima kasih atas perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang digelar secara meriah oleh Prajurit TNI bersama masyarakat Sinak.

“Terima kasih Komandan 323. Kami senang dapat merayakan Kemerdekaan Indonesia Tahun ini dengan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih. Tuhan memberkati,” ucapnya gembira.

Terpisah, Panglima HABEMA, Brigjen TNI Lucky Avianto, pasca menerima laporan pelaksanaan kegiatan mengapresiasi Inisiatif Satgas Yonif 323 Kostrad yang menggelar kegiatan Kirab dan Pengibaran Bendera Merah Putih di Bukit Sion Distrik Sinak, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

“Hal ini merupakan salah satu realisasi hasil Komsos TNI dengan seluruh pihak guna mendukung percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ungkapnya. (Media Habema)